Bank Indonesia Akan Selalu Menjaga Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah

357

(Berita Daerah – Nasional) Bank Indonesia memberikan isyarat akan selalu menjaga pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS agar sesuai fundamentalnya, meskipun saat ini rupiah sedang mengalami tekanan eksternal. Hal ini terkait dengan posisi nilai tukar rupiah yang melemah sempat menyentuh angka Rp12.960 per dolar AS.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Jakarta, Senin (2/3) mengatakan bahwa pihaknya akan selalu ada di pasar dan menjaga fluktuasi rupiah berada diambang batas yang bisa diterima serta tetap menyakinkan kepercayaan masyarakat dan pasar kepada nilai tukar rupiah.

Dalam kesempatan itu Agus menjelaskan jika tekanan eksternal berupa penguatan dolar AS dikarenakan membaiknya perekonomian Amerika Serikat, sehingga mempengaruhi mata uang di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Akan tetapi pelemahan rupiah yang terjadi saat ini  masih dirasakan lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

Diantara negara-negara berkembang yang setara dengan Indonesia, nilai pelemahan rupiah dibandingkan dengan mata uang Brasil, Turki dan Afrika Selatan terhadap dolar AS masih lebih baik Indonesia. Kondisi ini juga mencerminkan fundamental Indonesia yang terus mengalami perbaikan.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here