Sulawesi Tenggara Dinilai Layak Masuk Tata Ruang Tol Laut

336

(Berita Daerah – Sulawesi) Letak geografis Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di kawasan timur Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau harusnya masuk dalam konsep tata ruang pembangunan tol laut. Akan tetapi pada kenyataannya Provinsi Sulawesi Tenggara tidak masuk kedalam jaringan tol laut seperti yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Anggota DPR RI Amirul Tamim di Kendari, Senin (2/3) mempertanyakan apa yang menjadi kekurangan dari penilaian pemerintah pusat sehingga Sulawesi Tenggara yang wilayahnya terdiri dari mayoritas perairan tidak masuk skala prioritas pembangunan tol laut. Padahal dengan kondisi geografis Sulawesi Tenggara, sudah sepantasnya untuk masuk ke dalam konsep pembangunan tol laut.

Amirul menyayangkan dari program pembangunan strategis yaitu khususnya tol laut tidak termasuk dalam wilayah Sulawesi Tenggara, padahal dukungan kewilayahan dan pemerintah daerah tidak ada masalah. Tol laut dianggap menjadi salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia sehingga dapat menurunkan biaya logistik yang masih tinggi.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here