Saleh Husin Dukung Penghentian Ekspor Kayu Gelondongan

341

(Berita Daerah – Nasional) Menteri Perindustrian Saleh Husin mendukung penghentian ekspor kayu gelondongan agar bahan baku untuk industri hilir kayu tetap terjaga. Ekspor kayu dalam bentuk gelondongan dinilai merugikan bagi Indonesia karena harga jualnya yang rendah dan juga akan mengurangi pasokan untuk kebutuhan industri dalam negeri.

Menperin Saleh Husin di Jakarta, Selasa (3/3) mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya agar jangan sampai kayu gelondongan dari Indonesia diekspor. Terlebih lagi dengan kondisi industri hilir berbasis kayu seperti mebel dan furnitur yang mengaku sering mengalami kesulitan bahan baku kayu.

Hal senada juga disampaikan oleh Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) yang menolak rencana ekspor kayu gelondongan atau kayu log, karena berpotensi merugikan industri hilir kayu yang ada di dalam negeri. Apabila kayu gelondongan diekspor, maka industri kayu dalam negeri akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

Read more

 

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here