Mentan : Produksi Padi Sejumlah Daerah Mengalami Peningkatan

380

(Berita Daerah – Nasional) Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan hasil panen padi di sejumlah daerah mengalami peningkatan antara 20 hingga 30 persen. Kenaikan hasil produksi padi ini dinilai menjadi tanda-tanda yang sangat baik untuk dapat mencapai target swasembada pangan nasional.

Mentan di Provinsi Bengkulu, Rabu (4/3) menambahkan jika di Demak, Jawa Tengah produksi padi berhasil meningkat hingga 50 persen. Mentan juga menghimbau kepada kepala dinas pertanian agar segera menyerap bantuan alat pertanian dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier karena pembenahan infrastruktur pertanian tersebut sangat menentukan produktivitas hasil tanam.

Terkait dengan mundurnya waktu tanam padi selama 1,5 bulan, Mentan berpendapat hal tersebut tidak selalu berdampak negatif kepada panen padi, dan bahkan bisa memberikan dampak yang baik terhadap usaha budidaya tanaman padi. Musim tanam yang seharusnya pada September-Oktober 2014 menjadi bergeser menjadi bulan Oktober-November karena mengalami perubahan iklim.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here