Pemerintah Siapkan Dana Refocusing Pertanian Sebesar Rp16,9 Triliun

364

(Berita Daerah – Nasional) Pemerintah Indonesia sangat serius untuk merealisasikan swasembada pangan dalam 3 tahun kedapan dengan mengalokasikan dana refocusing atau pembaharuan untuk sektor pertanian mencapai Rp16,9 triliun yang dikucurkan pemerintah pusat dalam APBN-P 2015. Hal ini disampaikan oleh Menter Pertanian Amran Sulaiman pada saat melakukan kunjungan kerja ke Bengkulu.

Amran di Bengkulu, Rabu (4/3) mengatakan jika dana refocusing di Kementerian Pertanian yang dikucurkan pemerintah pada tahun ini jumlahnya cukup spektakuler dan terbesar sepanjang sejarah. Alokasi anggarannya mencapai Rp16,9 triliun ditambah DAK pertanian sebesar Rp4 triliun sehingga totalnya mencapai Rp20,9 triliun. Kucuran anggaran ini untuk percepatan swasembada pangan nasional yakni untuk komoditas padi, jagung, kedelai, gula dan daging.

Jumlah anggaran refocusing yang dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian itu dikucurkan dalam APBN-P 2015, disamping anggaran dalam APBN induk sebesar Rp55,56 triliun sehingga totalnya mencapai Rp72,46 triliun.

Anggran refocusing tersebut nantinya akan digunakan dalam program peningkatan produksi pangan nasional berupa pemberian dan pengadaan alsintan sebanyak 60.000 unit yang terdiri dari hand traktor, pompa, mesin pemanen padi, pengadaan benih unggul.

Selanjutnya untuk pengadaan obat-obatan pertanian dan pupuk serta pembangunan sarana pendukung pertanian seperti jalan usaha tani (JUT), pembangunan dan perbaikan sarana irigasi, operasional penyuluhan serta pembuatan inseminasi buatan (IB) pada ternak sapi.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here