Menteri ESDM Yakin Pertamina Mampu Kelola Blok Mahakam

388

(Berita Daerah – Nasional) PT Pertamina (Persero) telah mempresentasikan proposalnya mengenai pengelolaan Blok Mahakam kepada pemerintah dan diyakini bahwa Pertamina mampu mengelola blok yang saat ini dikeloa oleh Total E&P Indonesie (operator) dan Inpex Corporation. Total rencana investasi yang akan dikeluarkan Pertamina mengelola Blok Mahakam setelah kontrak Total E&P selesari pada tahun 2017 selama 20 tahun diperkirakan mencapai USD 25,2 miliar.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, Minggu (8/3) mengatakan jika rapat yang secara resmi Pertamina mempresentasikan proposalnya karena memang sesuai dengan aturan yang berlaku. Apabila ada satu blok habis, maka pemerintah akan mendengar aspirasi Pertamina, jika ingin melanjutkannya maka Pertamina harus memberikan proposal untuk dipertimbangkan oleh pemerintah.

Setelah mendengar presentasi dari Pertamina dan juga ada sesi tanya jawab, challenge dan pertanyaan berbagai hal, maka pemerintah merasa yakin bahwa Pertamina memiliki kesiapan untuk menjadi operator Blok Mahakam sesudah selesai kontrak dengan Total E&P Indonesie.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD-ESDM
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here