Presiden Jokowi Meresmikan Terminal LNG Arun

361

(Berita Daerah – Sumatera) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Terminal Penerimaan dan Regasifikasi LNG (Liquefied Natural Gas) Arun yang berlokasi di Jalan Medan-Banda Aceh, Blang Lancang Lhokseumawe, Senin (9/3). Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi didampingi Menteri ESDM Sudirman Said, Gubernur Aceh Zaini Abdullah, dan Dirut Pertamina Dwi Sutjipto, serta Dirut PT Perta Arun Gas Teuku Khaidir.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dengan pengoperasian terminal ini akan memberi efisiensi yang besar sekali buat Pertamina. Seperti diketahui terminal tersebut dikelola oleh PT Perta Arun Gas yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina Gas (Pertagas). Peresmian tersebut juga menjadi proses regasifikasi awal 1 kargo LNG yang telah diterima sejak 19 Februari 2015 dari fasilitas Tangguh LNG di Papua.

Sementara itu Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan kebutuhan gas di Indonesia meningkat sekitar 5,2 persen per tahun, padahal pasokan masih defisit baik di Jawa dan Sumatera karena keterbatasan infrastruktur. Untuk memenuhi kebutuhan itu Pertamina melakukan sejumlah strategi termasuk pembangunan terminal berkapasitas 400 juta kaki kubik.

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here