The Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga Bulan Juni, Pemerintah Harus Waspada

427

Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve diberitakan banyak media ekonomi global akan menaikkan suku bunga acuannya pada bulan Juni mendatang sebagai respons terhadap pasar tenaga kerja di AS hasil rilis pekan lalu yang kini mulai membaik. Dan rencana ini  akan ditegaskan dalam pertemuan FOMC pekan depan (17-18 Maret 2015). The Fed direncanakan akan menaikkan suku bunganya 25 basis poin dan sebelumnya The Fed telah mempertahankan suku bunga acuan yang mendekati nol semenjak Desember 2008 silam.

Pasar tenaga kerja AS hingga hari ini telah berhasil bertambah hingga sekitar 295.000 lapangan pekerjaan di bulan Februari lalu, angka ini telah memasuki bulan ke-12 berturut-turut yang mencatat jumlah lapangan pekerjaan yang dibuka berhasil di atas angka  200.000, momen terpanjang sejak tahun 1994 silam.

Oleh sebab itu, tingkat pengangguran berhasil turun ke level terendahnya dalam  lebih dari 6,5 tahun terakhir yaitu sebesar 5,5 persen. Meskipun tingkat pengangguran berhasil diredam, ternyata pertumbuhan upah yang masih lambat dan inflasi yang belum terlalu tinggi bisa menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi The Fed untuk menunda kenaikan suku bunga acuannya hingga September mendatang.

Read more

Stephanie Rebecca/ VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here