Kunjungan Kerja Presiden Ke Jepang Meningkatkan Investasi Di Indonesia

429

(Vibizmedia -Nasional) Beberapa kerjasama yang dilakukan pemerintah dalam beberapa kunjungan Presiden Jokowi dengan negara tetangga diantaranya Jepang, Tiongkok dan Malaysia seperti yang dilansir pada setkab.go.id. Kunjungan hari kedua ke Jepang, Presiden Jokowi menemui Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko di Istana Kaisar Tokyo juga di jadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk menyaksikan penandatanganan kerjasama bilateral.

Dalam kunjungan kali ini presiden didampingi oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Luar Negeri, Seskab Andi Widjajanto, Kepala BKPM Frangky Sibarani & Menteri BUMN Rini Soemarno & Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mengatakan telah dilakukannya penandatanganan MoU dengan Ketua Japan Export Trade Organization (JETRO) Hiroyuki Ishige sebagai perwakilan dari pemerintah Jepang, kerjasama yang dilakukan pada sektor Industri seperti komponen otomotif dan elektronika, sektor holtikultura atau makanan, juga upaya peningkatan ekspor dan investasi di Indonesia.

Diharapkan melalui kerjasama ini terjadi peningkatan ekspor sebesar 300%. Kepala BKPM mengemukakan kerjasama dengan JETRO berupa promosi dan juga peningkatan kualitas investasi yang selama ini berasal dari Industri yang ada di Jepang tetapi juga Pemerintah Indonesia akan fokus dalam meningkatkan investasinya dan diharapkan mendapat investor Jepang yang lebih beragam seperti pelabuhan dan juga bandara bahkan pada sektor maritim dan juga pertanian, ungkap Franky Sibarani.

Tahun 2014, Frangky sampaikan bahwa Investasi Jepang di Indonesia mengalami penurunan, oleh karena itu tahun ini kerjasama dalam investasi terus digiatkan dan dikembangkan juga merubah fungsi pada unit promosi menjadi marketing yang notabene lebih proaktif kepada investor.


Rully/Senior Analyst at Vibiz Research/VMN/VM
Editor : Mark Sinambela

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here