Abaikan Kenaikan Yen, Harga Karet Tetap Ditutup Menghijau

565

Harga karet Tocom di akhir perdagangan siang ini terpantau mengalami peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan pembukaan perdagangan pagi tadi (26/3). Harga karet berjangka memantapkan penutupan di zona hijau setelah harga minyak mentah terangkat naik dengan signifikan pada perdagangan hari ini.

Kenaikan harga karet didominasi oleh sentimen positif berupa lonjakan harga minyak mentah. Hari ini harga minyak mentah melejit kencang pada sesi perdagangan Asia. Harga sempat mencapai posisi paling tinggi dalam lima pekan terakhir dan menembus kembali level 50 dollar per barel. Lonjakan harga minyak mentah tersebut disebabkan oleh kekhawatiran bahwa pasokan dari Timur Tengah akan mengalami gangguan setelah terjadinya konflik di Yaman.

Dengan naiknya harga minyak mentah bahan baku untuk produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dengan demikian permintaan terhadap karet alami mengalami kenaikan. Bahkan nilai tukar yen yang menguat signifikan hari ini tidak bisa menahan laju kenaikan harga karet alami di bursa komoditas Tokyo.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here