Kebijakan Bebas Visa Hasilkan Devisa 12 Triliun

646

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah meluncurkan enam paket kebijakan ekonomi untuk menstabilkan nilai tukar rupiah yang sempat tergerus. Salah satu dari enam paket kebijakan itu membebaskan visa kunjungan singkat kepada wisatawan dari 30 negara.

Pemerintah Indonesia memang tidak main-main dalam mempromosikan Indonesia kepada wisatawan asing, hal ini juga dilakukan dalam rangka menggenjot devisa negara. Pasalnya pemerintah telah siap untuk mengimplementasikan kebijakan pembebasan visa bagi wisatawan dari 30 negara. Langkah itu untuk mendongkrak jumlah wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.

Terkait kebijakan ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo mengatakan bahwa pemerintah menargetkan sekitar 10 juta wisatawan akan mengunjungi Indonesia pada 2015 dengan adanya program pembebasan visa tersebut. Dari target 10 juta wisatawan tersebut, jika setiap wisatawan membelanjakan uangnya sebesar US$ 1.200 di Indonesia, maka pada tahun ini negara akan mendapat pemasukan sekitar US$ 12 miliar dari sektor pariwisata.

Read more

Stephanie Rebecca /VM/VBN/ Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here