Konflik di Yaman Lajukan Harga Minyak Mentah

532

Harga minyak mentah di bursa komoditas Amerika Serikat pada akhir perdagangan Kamis dini hari tadi kembali melejit kencang (26/3). Kinerja positif pergerkan harga minyak mentah tersebut bahkan terjadi hingga sesi perdagangan di Asia. Melemahnya dollar dan kekhawatiran gangguan pasokan akibat konflik di Yaman menjadi faktor yang melejitkan harga komoditas.

Harga minyak mentah WTI dan Brent bergerak naik tajam hingga sesi perdagangan Kamis pagi. Pada penutupan perdagangan dini hari tadi harga terangkat oleh melemahnya nilai tukar dollar. Data pesanan barang durable di Amerika Serikat mengecewakan pada bulan Februari lalu. Ini merupakan indikasi bahwa ekonomi di negara tersebut belum sebaik yang digadang-gadang. Dengan demikian potensi kenaikan suku bunga acuan yang diperkirakan akan terjadi Juni bisa diundur menjadi September.

Sementara itu adanya konflik politik di Yaman menimbulkan kekhawatiran mengenai keamanan pengiriman minyak mentah dari Timur Tengah. Analis khawatir akan pecah perang di Yaman. Konflik bisa membesar jika Arab Saudi dan Iran ikut terseret dalam kisruh yang terjadi.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here