Pendapatan Nasional Korsel Meningkat Meski Won Melemah

1079

Meskipun kontraksi ekonomi terjadi hampir di beberapa negara di belahan dunia, ternyata kondisi ekonomi Korsel terlihat masih cukup baik meski ada beberapa ketidakpastian, seperti devaluasi won, namun jenis produk utama Korsel, seperti semikonduktor, besi baja, telepon genggam dan kapal, tetap berhasil mendorong pertumbuhan ekspor di negara ini.

Hal ini jugalah yang mendorong terjadinya peningkatan dalam Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita Korea Selatan khususnya periode tahun 2014 lalu. PNB negeri tersebut berhasil melampaui 28 ribu dolar pada tahun 2014. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar dua ribu dolar lebih dari tahun sebelumnya. Pendapatan nasional bruto sendiri artinya jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.

Perhitungan PNB sendiri meliputi nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun; termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara yang berada di luar negeri, tetapi tidak termasuk hasil produksi perusahaan asing yang beroperasi di wilayah negara tersebut.

Read more

Stephanie Rebecca /VM/VBN/ Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here