Harga Minyak Masih Lanjutkan Peningkatan, Arab Saudi Intervensi Konflik Yaman

573

Harga minyak mentah di bursa komoditas Amerika Serikat pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi kembali melejit kencang (27/3). Harga mencapai posisi penutupan tertinggi sejak tanggal 4 Maret dan berhasil sempat menyentuh level harian tertinggi dalam 5 minggu belakangan akibat konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Harga minyak mentah WTI dan Brent bergerak naik tajam setelah Arab Saudi dan sekutunya di Jazirah Arab melakukan serangan udara ke Yaman. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa akan pecah perang besar di kawasan Timur Tengah yang berpotensi mengganggu pasokan minyak mentah global.

Meskipun hingga saat ini operasi militer tersebut belum mempengaruhi fasilitas pengeboran minyak di Yaman akan tetapi dikhawatirkan jika konflik menyebar pengiriman minyak dari kawasan tersebut akan terganggu. Hingga saat ini para analis memperkirakan bahwa tidak akan terjadi perang terbuka di Timur Tengah. Sementara itu kondisi pasokan global yang masih kelebihan pasokan juga menjaga harga tidak naik terlalu tajam.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here