Kemenkeu Optimis Paket Kebijakan Ekonomi Bisa Selamatkan Rupiah

419

(Berita Daerah – Nasional) Kementerian Keuangan memastikan paket kebijakan ekonomi mampu menyelamatkan rupiah yang sampai saat ini masih tertekan oleh penguatan mata uang dolar Amerikat Serikat. Dengan adanya paket kebijakan ekonomi ini diharapkan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS akan stabil.

Kepala Bidang Kebijakan Subsidi Kementerian Keuangan Noor Iskandarsyah di Semarang, Kamis (26/3) mengatakan bahwa isi dari kebijakan tersebut salah satunya adalah pemberian insentif pajak berupa tax holiday dan tax allowance kepada perusahaan yang melakukan ekspor dan bagi perusahaan yang melakukan reinvestasi di dalam negeri dari keuntungan yang didapatnya.

Poin selanjutnya dari kebijakan tersebut yaitu mengupayakan perlindungan produk dalam negeri melalui kebijakan bea masuk anti dumping sementara (BMADS) dan bea masuk tindakan pengamanan sementara (BMTPS) terhadap produk-produk industri nasional. Tujuan diberlakukannya kebijakan tersebut agar unfair trade tidak terjadi karena dilarang oleh World Trade Organization (WTO).

Read more

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here