Permintaan Masih Lesu, Karet Tocom Akhir Pekan Masuk Zona Merah

518

Harga karet Tocom di akhir perdagangan siang ini anjlok tajam setelah nilai tukar yen mengalami peningkatan yang signifikan (27/3). Karet mengakhiri pergerakannya di teritori negatif yang cukup parah. Sejak awal perdagangan harga karet tampak mengalami penurunan.

Lonjakan harga minyak yang kemarin terjadi sempat membawa harga karet ikutan melesat kencang. Harga minyak mentah WTI sempat mencapai posisi tertinggi dalam 5 minggu disebabkan oleh kekhawatiran mengenai potensi gangguan pasokan menyusul serangan Arab Saudi dan sekutunya ke Yaman. Hari ini harga minyak mentah mulai alami koreksi setelah lonjakan kemarin.

Sementara itu kenaikan nilai tukar yen menjadi faktor utama yang melemahkan harga karet. Secara fundamental kondisi pasar karet memang masih menyimpan potensi bearish. Pasokan global diperkirakan akan mengalami peningkatan karena produksi para produsen mengalami peningkatan di tahun 2015 sehingga surplus diperkirakan akan meningkat di tahun ini. Sementara itu permintaan belum menunjukkan sinyal kenaikan karena lesunya ekonomi konsumen terbesar Tiongkok.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here