Rupiah Bukukan Kenaikan Mingguan Tetapi Ditutup Melemah

506

Pada penutupan perdagangan sore ini nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terpaksa berakhir di teritori negatif untuk hari ketiga (27/3). Pergerakan rupiah di teritori negatif hari ini berlangsung sejak pembukaan perdagangan. Mata uang dalam negeri tersebut terpukul karena dollar AS kembali menemukan pijakan untuk menguat.

Indeks dollar pada perdagangan hari ini melanjutkan kenaikan yang telah terjadi sejak perdagangan kemarin. Kemarin indeks dollar sempat terjungkal ke level terendah sejak tanggal 5 Maret tetapi berhasil ditutup di teritori positif. Hari ini indeks mata uang Amerika Serikat tersebut kembali menguat dan mencapai posisi paling tinggi dalam lima sesi belakangan.

Kembali naiknya dollar membuat rupiah tidak kuasa menahan laju pelemahan. Mata uang dalam negeri kembali kehilangan memonetum meskipun di akhir perdagangan IHSG ditutup naik dengan cukup baik. Indeks benchmark tersebut ditutup pada posisi 5396,85 poin, menguat dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin yang berada di level 5368,80.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here