Tekanan Penguatan Yen Buat Karet Tocom Menyerah

361

Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari Jumat pagi ini harga karet berjangka terpantau mengalami anjlok yang signifikan (27/3). Di penghujung pekan ini harga karet akhirnya harus menyerah kalah setelah kemarin ditutup di teritori positif. Bahkan lonjakan harga minyak mentah yang masih mewarnai pasar tidak mampu mempertahankan rally harga komoditas ini.

Secara fundamental kondisi pasar karet memang masih menyimpan potensi bearish. Pasokan global diperkirakan akan mengalami peningkatan karena produksi para produsen mengalami peningkatan di tahun 2015 sehingga surplus diperkirakan akan meningkat di tahun ini. Sementara itu permintaan belum menunjukkan sinyal kenaikan karena lesunya ekonomi konsumen terbesar Tiongkok.

Harga karet pagi ini juga terhantam akibat kenaikan nilai tukar yen. Yen melanjutkan peningkatannya terhadap dollar untuk 3 sesi berturut-turut setelah pada perdagangan kemarin mencapai posisi paling tinggi sejak tanggal 20 Februari. Kenaikan nilai tukar yen menyebabkan permintaan karet Tocom berkurang karena harganya menjadi relatif lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here