Jeda Siang IHSG Kian Menguat, Aneka Industri Jadi Penopang Utama

420

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi 1 siang ini ditutup menguat jika dibandingkan dengan penutupan kemarin. Siang ini (30/3) IHSG naik sebesar 0.94 persen ke level 5447.45. Sementara saham unggulan yang tergabung dalam indeks LQ45 mengalami penguatan sebesar 1.4 persen ke level 950.59

Pada perdagangan siang ini tercatat 185 saham menguat, sementara 81 saham melemah dan sisanya stagnan. Volume transaksi siang ini mencapai 3.14 miliar lot saham dengan nilai transaksi Rp3.03 triliun dan transaksi sebanyak 106.896 kali. Sampai siang ini dana asing berada pada posisi net sell mencapai 34 miliar. Secara sektoral, tercatat semua sektor mengalami penguatan yang dipimpin oleh sektor aneka industri dan properti yang masing-masing mengalami penguatan sebesar 2.18 persen dan 1.24 persen. Sementara untuk saham-saham yang menjadi penopang IHSG antara lain, MPPA, BBRI, ASII, TLKM, BMRI dan SRIL.

Analyst Vibiz Research Center melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak dalam penguatan terbatas dalam potensi menutup gap pelemahan imbas adanya tekanan pada bursa global menyusul memanasnya konflik timur tengah yang juga melesatkan harga minyak. Namun IHSG dibayangi oleh pernyataan The Fed yang menjanjikan kenaikan suku bunga tahun ini tanpa menunggu kenaikan tingkat inflasi sesuai dengan target. Investor juga masih dalam posisi wait and see menanti perkembangan laporan kinerja emiten untuk awal tahun.

Read more

Regi Fachriansyah/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here