Sideways Harga Tembaga Disebabkan Goncangnya Ekonomi Tiongkok

2148

Harga tembaga pada perdagangan hari ini tampak mengalami pergerakan yang fluktuatif (30/3). Harga tembaga sempat mengalami peningkatan ke teritori positif. Saat ini harga sedikit berada di bawah level penutupan perdagangan pekan lalu. Harga komoditas ini mengarah untuk mengalami peningkatan bulanan kedua setelah para investor mempertimbangkan kemungkinan bahwa pemerintah dan bank sentral Tiongkok akan melanjutkan stimulus guna menggenjot ekonomi yang sedang lesu.

Harga tembaga telah mengalami peningkatan sebesar 3,1 persen sepanjang bulan Maret ini. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok telah mengalami penurunan “agak” terlalu besar dan pemerintah negara tersebut masih memiliki ruang untuk merespon agar penurunan ekonomi tidak terlalu tajam. Ini merupakan sinyal bahwa pemerintah negara tersebut akan melakukan langkah untuk menstimulus ekonominya.

Akan tetapi kondisi riil ekonomi Tiongkok yang masih lesu membuat harga tembaga terhalang dari kenaikan yang terlalu besar. Diperkirakan indeks manufaktur resmi yang akan dirilis tanggal 1 April mendatang akan berada di level 49,7 poin. Jika angka ini sesuai akan menandai bulan ketiga Tiongkok mengalami kontraksi aktivitas manufaktur.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here