Bisnis Ritel Jerman Tersandung Untuk Pertama Kalinya Dalam 5 Bulan Terakhir

830

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa perekonomian Jerman berhasil menggapai momentumnya pada awal tahun ini, demikian seperti dilansir oleh kementerian ekonomi Jerman. Pemerintah melihat ada kemajuan yang cukup signifikan atas perekonomian di negaranya di awal tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu. Hal tersebut memang dapat dilihat dari berbagai rilis data ekonomi yang keluar dalam 6 (enam) bulan terakhir.

Membaiknya ekonomi Jerman ini diikuti dengan pulihnya rasa kepercayaan investor terhadap kawasan euro secara keseluruhan. Pasalnya, tingkat kepercayaan investor yang berada di kawasan euro berhasil mencapai level tertingginya sejak Agustus 2007 silam yaitu berada pada skor 18,6 di bulan Maret dari 12,4 di bulan Februari.

Namun sayang, hal tersebut belum dirasakan oleh bisnis di sektor ritel. Setelah sempat alami pertumbuhan yang menanjak, kali ini Jerman harus menelan pil pahit. Pasalnya pertumbuhan bisnis ritel Jerman untuk bulan Februari melambat drastis. Demikian seperti dilaporkan oleh Destatis hari Selasa (31/3/2015). Penjualan ritel Jerman dilaporkan hanya tumbuh 3,6 persen (yoy) pada bulan Februari, lebih lambat dari pertumbuhan di bulan Januari yang tercatat sebesar 5,0 persen.

Read more

Stephanie Rebecca/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here