Harga Minyak Kembali Menyerah Dibawah Harapan Hapusnya Sanksi Iran

905

Harga minyak mentah di bursa komoditas Amerika Serikat pada akhir perdagangan Selasa dini hari kembali harus menyerah kalah di teritori negatif  (31/3). Jelang penutupan bulan Maret harga komoditas energi ini membukukan penurunan untuk dua sesi berturut-turut setelah Iran dan enam negara Barat menegosiasikan perjanjian mengenai program nuklir Iran yang berpotensi menghentikan sanksi Barat terhadap negara tersebut.

Para petinggi yang ikut serta dalam perundingan tersebut mengatakan bahwa sudah ada progress mengenai perundingan tersebut dan kemungkinan besar akan tercapai kesepakatan penghentian sanksi. Jika sanksi terhadap Iran benar-benar dicabut keran ekspor minyak mentah dari negara tersebut akan kembali dibuka sehingga berpotensi meningkatkan pasokan minyak mentah global.

Kelesuan di pasar minyak mentah juga tidak lepas dari kenaikan nilai tukar dollar AS. Mata uang Paman Sam menguat setelah euro ambles di tengah kembalinya kekhawatiran mengenai apakah Yunani akan mampu mengamankan bantuan sebelum negara tersebut terpaksa menyatakan kebangkrutan. Tiga minggu merupakan batas jatuh tempo utang-utang Yunani.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here