Tunggu PMI Manufaktur Tiongkok, Harga Tembaga Comex Bergerak Turun

298

Harga tembaga pada perdagangan hari ini terpantau alami penurunn (31/3). Harga tembaga tergerus turun pada perdagangan elektronik Comex hari ini karena nilai tukar dollar mengalami peningkatan terhadap rival-rivalnya. Sementara itu para pelaku pasar juga masih menantikan rilis data PMI manufaktur resmi Tiongkok yang dijadwalkan rilis Rabu besok. Diperkirakan PMI manufaktur akan berada di level yang menunjukkan kontraksi.

Kondisi riil ekonomi Tiongkok yang masih lesu membuat harga tembaga masih sulit untuk menguat. Diperkirakan indeks manufaktur resmi yang akan dirilis tanggal 1 April mendatang akan berada di level 49,7 poin. Jika angka ini sesuai akan menandai bulan ketiga Tiongkok mengalami kontraksi aktivitas manufaktur.

Hari ini nilai tukar dollar juga menguat setelah euro terpukul akibat kekhawatiran bahwa Yunani tidak bisa mengamankan dana bantuan yang dibutuhkannya untuk mencegah kebangkrutan. Menguatnya dollar membuat harga tembaga Comex menjadi relatif lebih mahal bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya melemah.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here