Preview: Laporan Employment ADP AS

976

Data ekonomi yang kurang kuat belakangan ini membangkitkan pertanyaan mengenai kapan waktu kenaikan yang pertama dari tingkat suku bunga acuan. Menurut sebagian orang, itu semua hanyalah kemunduran sesaat yang akan membuat angkanya semakin kuat di musim semi nanti. Gubernur FOMC Janet Yellen berkata pada minggu lalu bahwa “dengan kondisi ekonomi yang terus mengalami  perbaikan, kenaikan tingkat suku bunga acuan dijamin akan dilakukan dalam tahun ini.”

Sumber utama untuk mengharapkan kebijakan seperti itu akan dilakukan tetaplah pasar tenaga kerja yang membuai. Petunjuk terbaru dari Yellen mengenai hal ini tetap optimis, dengan mengatakan bahwa “kondisi pasar tenaga kerja kemungkinan akan membaik lebih lanjut pada bulan-bulan mendatang”.

Data ADP yang akan dirilis malam ini untuk payrolls swasta dibulan Maret diperkirakan akan mendukung optimisme dari Yellen. Perkiraan konsensus dari Econoday.com mengantisipasikan kenaikan yang solid berikutnya: 230.000 untuk bulan ini, yang sedikit melebihi kenaikan di bulan Februari sebesar 212.000.

Read more

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here