Industri Manufaktur Jerman Lambungkan Bisnis Kawasan Euro

763

Siapa tidak mengenal Jerman? Jerman adalah negara dengan ekonomi terbesar di Eropa dengan PDB terbesar ke-4 di dunia. Jerman tergolong negara industri paling berprestasi dan paling maju perkembangannya. Perekonomian nasional Jerman terpusatkan pada barang dan jasa yang diproduksi oleh industri. Terutama hasil produksi industri konstruksi mesin dan industri otomotif serta produk-produk kimia dari Jerman dihargai baik di dunia internasional.

Saat ini pertumbuhan manufaktur Jerman pun terlihat menunjukkan tren positif, setidaknya demikian seperti yang dilaporkan oleh Markit Economics melalui hasil surveynya. PMI manufaktur Jerman di bulan Maret menunjukkan ekspansi yang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Skor PMI negara ini berhasil naik ke 52,8 di bulan Maret dari 51,1 di bulan Februari.

Tentu saja kontribusi kinerja manufaktur Jerman sangat memengaruhi kinerja manufaktur kawasan euro secara keseluruhan. Pasalnya kinerja manufaktur di kawasan euro juga meningkat tajam, dimana peningkatan berhasil lampaui ekspektasi yang telah dibuat sebelumnya. Pertumbuhan ini ditopang tentunya oleh membaiknya kinerja manufaktur di beberapa negara utama seperti Perancis, Italia dan Jerman.

Read more

Stephanie Rebecca/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here