Rupiah Berakhir Menguat Didukung Kinerja Dollar yang Sedang Lesu

794

Pada penutupan perdagangan sore ini nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berakhir dengan membukukan peningkatan yang cukup signifikan (2/4). Rupiah bergerak naik dengan cukup mantap didukung oleh kinerja dollar yang sedang mengalami pelemahan terhadap rival-rivalnya.

Hari ini indeks dollar kembali melemah untuk dua sesi berturut-turut disebabkan kekhawatiran bahwa kondisi sektor tenaga kerja di Amerika Serikat tidak sebaik yang diharapkan. Data ADP non farm employment change yang dirilis kemarin menunjukkan hasil yang kurang mengesankan. Diperkirakan data NFP resmi yang akan dirilis Jumat malam juga akan menunjukkan hasil yang kurang baik. Kondisi ini bisa mengakibatkan Fed menunda kenaikan suku bunga acuannya.

Rupiah mengakhiri perdagangannya pekan ini dengan membukukan peningkatan dalam 3 hari terakhir perdagangan. Mata uang ini bergerak menguat karena jelang libur panjang para investor dalam negeri menarik dananya dalam bentuk rupiah. Pada perdagangan Jumat pasar saham dan perbankan serta lembaga keuangan lain di Indonesia akan tutup untuk perayaan Paskah.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here