Cadangan Devisa Korea Selatan Naik Lagi, Masih 7 Besar Dunia

1527

Cadangan devisa negara Korea Selatan hingga bulan Maret lalu kembali menunjukkan peningkatan untuk bulan kedua berturut-turut setelah bulan Januari berkurang dari cadangan devisa akhir tahun 2014 lalu. Lalu diantara cadangan devisa seluruh dunia, bulan Maret lalu kembali dalam posisi 10 negara pemilik cadangan devisa terbesar dunia.

Bank sentral Korea Selatan atau Bank of Korea mengumumkan hari ini (3/4) bahwa cadangan devisa Korea Selatan mencapai US$362,75 miliar hingga akhir Maret, yang alami kenaikan sekitar US$380 juta dari sebulan yang lalu. Cadangan devisa mulai menurun setelah mencapai tinggi US$368,03 miliar  pada bulan Juli 2014 dan kemudian  cadangan jatuh serendah US$362,19 miliar pada bulan Januari sebelum meningkat akhirnya menjadi US$362,37 miliar pada bulan Februari.

Turunnya cadangan devisa sejak bulan Juli tersebut disebabkan oleh penguatan kurs dollar AS, yang telah menjatuhkan nilai euro dan poundsterling. Pada akhir Februari lalu, Korea Selatan merupakan negara pemegang cadangan devisa terbesar ketujuh di dunia mengikuti China, Jepang, Arab Saudi, Swiss, Taiwan, dan Brazil.

Read more

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here