Data Ekonomi AS Masih Lesu, Harga Emas Berakhir Turun Sedikit

336

Di akhir perdagangan bursa komoditas Amerika Serikat dini hari tadi harga emas mengalami penurunan yang signifikan (3/4). Harga emas lagi-lagi melemah setelah sempat mengalami peningkatan yang ‘gahar’ pada perdagangan sebelumnya. Meskipun turun harga masih mampu bertahan di atas level 1200 dollar per troy ons. Pelemahan dollar akibat data ekonomi yang mengecewakan dari Amerika Serikat menjadi penahan pelemahan harga emas tersebut. Hari ini perdagangan elektronik LLG tutup untuk merayakan liburan Paskah.

Data ADP non farm employment change menunjukkan bahwa peningkatan pekerja paling sedikit dalam lebih dari satu tahun belakangan di bulan Maret lalu. Data tersebut di bawah ekspektasi pasar. Data terpisah menunjukkan bahwa aktivitas produksi pabrikan mengalami penurunan ke level paling rendah dalam nyaris dua tahun belakangan.

Data ekonomi yang lebih jelek dari ekspektasi tersebut membebani pergerakan dollar AS. Nilai tukar mata uang ini melanjutkan penurunannya, melemah sebesar 0,4 persen terhadap rival-rivalnya yang tergabung dalam indeks dollar.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here