Harga Karet Jumat Pagi Naik Di Tengah Pasar yang Relatif Sepi

727

Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari Jumat pagi ini harga karet berjangka terpantau mengalami kenaikan yang cukup baik (3/4). Di awal perdagangan pagi ini harga sempat dibuka di teritori negatif tetapi segera bergerak naik. Harga karet melanjutkan peningkatannya yang terjadi sejak penutupan perdagangan kemarin.

Para pelaku pasar memanfaatkan penurunan harga karet yang terjadi selama beberapa hari belakangan untuk melakukan aksi short covering. Akhirnya harga karet Kamis lalu meskipun dibuka melemah berhasil menanjak dan ditutup pada teritori positif. Harga karet rebound setelah sempat terjatuh ke level paling rendah dalam 2 bulan belakangan.

Kenaikan harga karet juga didukung oleh rilis data PMI manufaktur Tiongkok yang membaik Rabu lalu. Dilaporkan bahwa PMI manufaktur Tiongkok untuk bulan Maret berada di level 50,1 poin. Angka PMI tersebut naik dibandingkan dengan PMI di bulan Februari yang ada di level 49,9 poin. Angka di atas 50 poin menunjukkan bahwa sektor manufaktur saat ini sudah berada dalam pola ekspansif.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here