10 Fakta tentang Matematika

331

(Business Lounge – Do You Know?) Matematika (dari bahasa Yunani: mathema, “pengetahuan, studi, belajar”), sering disingkat menjadi matematika, merupakan studi tentang topik-topik seperti kuantitas (jumlah), struktur, ruang, dan perubahan. Ada berbagai pandangan di antara matematika dan filsuf untuk lingkup yang tepat dan definisi matematika.

Matematikawan mencari pola dan menggunakannya untuk merumuskan dugaan baru. Matematikawan menyelesaikan kebenaran atau kesalahan dugaan dengan bukti matematika. Ketika struktur matematika adalah model yang baik dari fenomena yang nyata, maka penalaran matematika dapat memberikan wawasan atau prediksi tentang alam. Melalui penggunaan abstraksi dan logika, matematika dikembangkan dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan studi sistematis dari bentuk dan gerakan benda-benda fisik. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusia untuk sejauh catatan tertulis ada. Penelitian yang diperlukan untuk memecahkan masalah matematika dapat mengambil tahun atau bahkan berabad-abad penyelidikan berkelanjutan.

Matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, keuangan dan ilmu-ilmu sosial. Matematika terapan, cabang matematika yang bersangkutan dengan penerapan pengetahuan matematika untuk bidang lain, menginspirasi dan memanfaatkan penemuan matematika baru, yang telah menyebabkan pengembangan disiplin ilmu matematika yang sama sekali baru, seperti statistik dan teori permainan. Matematikawan juga terlibat dalam matematika murni, atau matematika untuk kepentingan diri sendiri, tanpa memiliki aplikasi dalam pikiran. Tidak ada garis yang jelas memisahkan murni dan terapan matematika, dan aplikasi praktis untuk apa yang dimulai sebagai matematika murni sering ditemukan.

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang matematika:

Read More

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here