Mimpi Presiden Jokowi, Kerajinan Tangan Indonesia Menjadi Nomor 1

485

(Vibizmedia – Nasional) Bertempat di Jakarta Convention Center Inacraft 2015 kembali digelar, menjadi penyelenggaraan ke-17 Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair, acara ini merupakan ajang pelaku industri kreatif dan kerajinan untuk siap menghadapi hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan akhir tahun ini.

Acara dihadiri dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, kali ini presiden datang bersama dengan Ibu Negara Hj. Iriana yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan keinginannya untuk menjadikan Indonesia menjadi eksportir nomor 1 dunia khusus untuk barang-barang kerajinan tangan, saat ini Indonesia masih menduduki peringkat ke-12 dunia setelah Cina, Italia, Jerman, Amerika Serikat, Prancis, Belanda, Belgia, Jepang, Inggris, Vietnam dan India, inilah mimpinya menjadi nomor 1 dan Jokowi mengajak semua peserta untuk juga memiliki mimpi tersebut.

Usai pembukaan dan memberikan sambutannya Jokowi berkunjung ke stand-stand yang memenuhi Jakarta Convention Center yang akan berlangsung dari tanggal 8-12 April 2015 untuk melihat hasil karya dari berbagai daerah di Indonesia.

Jokowi memberikan apresiasi tinggi kepada hasil karya anak bangsa yang umumnya mengunakan bahan yang ramah lingkungan, ungkapnya ini bagus. Dan yang perlu juga diperhatikan untuk persaingan adalah mengenai selera pasar bahwa Indonesia dengan negara lain memiliki selera yang berbeda oleh karena itu produk perlu inovasi, presiden mengarahkan agar Kementerian Perdagangan dan Badan Ekonomi Kreatif ikut membantu para pelaku usaha berkaitan dengan desain, kemasan, dan marketing.

 

Rully/Senior Analyst at Vibiz Research/VMN/VM
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here