Pemerintah Akan Kembangkan Produksi Dan Penyerapan Rumput Laut Di Indonesia

400

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Jokowi usai menghadiri Innovation Forum 2015 untuk menjadi saksi penandatangan MOU kerjasama antar lembaga negara dan peneliti di Puspiptek Tangerang Selatan, Presiden kembali melakukan blusukan dengan mengunjungi Pabrik Tepung Agar-Agar PT Agarindo Bogatama Tangerang.

Jokowi mengatakan telah memiliki program untuk meningkatkan produksi rumput laut dari petani maupun nelayan karena dianggap rumput laut merupakan kebutuhan untuk industri obat-obatan, kosmetik, kemasan obat dan pasta gigi. Rumput laut yang digunakan umumnya berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur

Perlu dilakukan pengembangan untuk produk dalam negeri sehingga tidak hanya melakukan ekspor rumput laut ke luar negeri seperti Tiongkok dan Filipina, perlu di perhatikan mengenai industri hilirnya, dalam waktu dekat ini pemerintah akan mendirikan pabrik rumput laut di Makassar Sulawesi Selatan untuk pembuatan kosmetik.

Diperlukan juga adanya penyerapan hasil produksi petani seperti di Jawa Timur bisa mencapai 220 ribu ton rumput laut kering. Jokowi merasa bahwa diperlukan penambahan industri untuk menyerap hasil dari rumput laut di Indonesia.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here