10 Fakta tentang Mount Everest

466

(Business Lounge – Do You Know?) Gunung Everest yang juga dikenal di Nepal sebagai Sagarmatha dan dikenal di Tibet sebagai Chomolungma, adalah gunung tertinggi di muka bumi ini. Hal ini terletak di bagian Mahalangur Himalaya. Puncaknya adalah 8.848 meter (29.029 kaki) di atas permukaan laut dan puncak terjauh ke-5 dari pusat bumi. Berada di perbatasan internasional antara Tiongkok dan Nepal berada tepat di titik puncaknya.

Pada tahun 1865, Everest diberi nama resmi bahasa Inggris oleh Royal Geographical Society sebagai rekomendasi dari Andrew Waugh, seorang Jenderal Surveyor berkebangsaan Inggris. Waugh menamai gunung setelah pendahulunya di pos, Sir George Everest, dengan alasan bahwa ada banyak nama lokaldaripada Everest.

Gunung Everest menarik banyak pendaki gunung yang sangat berpengalaman serta pendaki yang mampu bersedia untuk menyewa pemandu profesional. Ada dua rute pendakian utama, salah satu mendekati puncak dari tenggara di Nepal (dikenal sebagai rute standar) dan lainnya dari utara di Tibet. Sementara tantangan teknis pendakian banyak terjadi mulai dari penyakit ketinggian, cuaca, angin, serta bahaya obyektif yang signifikan dari longsoran dan Khumbu Icefall. Sementara mayoritas pendaki menggunakan botol oksigen untuk mencapai puncak, beberapa pendaki telah mencapai puncak Everest tanpa bantuan oksigen.

Read More

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here