Asia – Afrika Ladang Bisnis Prospektif Masa Depan?

453

Sebagai bagian dari perhelatan akbar Konferensi Asia Afrika (KAA), event Asian African Business Summit (AABS) 2015 telah berlangsung pada 21 April 2015 dengan diikuti sejumlah tokoh pengusaha nasional, para delegasi pemerintah negara sahabat, Deputi Presiden Afrika Selatan Kgalema Motlanthe, dan para pengusaha di kawasan Asia-Afrika. Event ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan ditutup oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Dalam sambutannya, Presiden menyebutkan bahwa kawasan Asia-Afrika memiliki banyak potensi. Dengan jumlah penduduk pada kedua kawasan yang mencapai 5,4 miliar orang, maka Asia-Afrika adalah tempat bagi 75 persen penduduk di dunia. Sementara itu, disebutkan kedua kawasan juga berkontribusi terhadap 51 persen produk domestik bruto (PDB) dunia pada tahun 2014. Investasi pun meningkat dari 13,2 persen tahun 2000 menjadi 41,5 persen pada tahun 2013.

Dari sisi pertumbuhan ekonomi, ekonomi di Asia-Afrika telah melaju di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Presiden menyebutkan pertumbuhan ekonomi Asia pada tahun 2013-2014 mencapai 4,9 persen sementara Afrika sebesar 4,3 persen.

Read more

By Alfred Pakasi ,

CEO Vibiz Counsulting
Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here