Indonesia Jepang Perkuat Kerjasama Triangular Dan Ajak Negara Lain Berpartisipasi

526

Selama Konferensi Asia Afrika (KAA) berlangsung pada pekan ini, Indonesia tidak hanya memperkuat kerja sama bilateralnya dengan Tiongkok tapi juga dengan Jepang. Seperti diketahui, Indonesia dan Jepang telah lebih dari dua puluh lima tahun menjalin kerja sama yang erat dalam pemberian bantuan kerja sama teknik ke negara-negara di kawasan Asia dan Afrika.

Dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir, lebih dari 1112 orang dari berbagai negara di kawasan Asia dan sekurangnya 258 orang dari kawasan Afrika telah menerima bantuan teknik tersebut dalam kerangka kerja sama triangular. Oleh karena iu, sejalan dengan tema Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika di Jakarta untuk memajukan kerja sama selatan-selatan, Indonesia dan Jepang sepakat untuk mempromosikan kerja sama triangular bagi negara-negara di kawasan Afrika.

Kesepakatan tersebut tercapai pada saat berlangsungnya pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Shinzo Abe di sela-sela Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika di Jakarta, tanggal 22 April 2015.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here