Gempa Yang Guncang Nepal Hancurkan Ekonominya, Dunia Kirim Jutaan Dollar

884

Pasca gempa bumi sebesar 7,9 skala Richter pada Sabtu (25/4), Nepal luluh lantak. Bangunan-bangunan suci nan megah sudah rata dengan tanah. Untuk membangun kembali Nepal sesuai standar tahan gempa, diperkirakan akan dibutuhkan biaya lebih dari US$5 miliar atau setara Rp64,75 triliun, sekitar 20 persen dari PDB negara tersebut.

Rekonstruksi Nepal dinilai akan sangat membutuhkan biaya besar. Pasalnya, struktur bangunan di Nepal sangat jauh di bawah standar sehingga dampak gempa begitu signifikan. Parahnya keadaan infrastruktur Nepal membuat proses penyelamatan terhambat. Kondisi Nepal yang sangat parah saat ini diprediksi dapat mengancam roda perekonomian India dan kawasan yang berhimpitan dengan Nepal.

Adapun dampak langsung dari gempa dahsyat di Nepal pada pekan lalu tidak berhenti pada makin bertambahnya jumlah korban jiwa. Namun juga terhadap salah satu kota di utara India yang  terancam mengalami masalah kemiskinan. Kota itu adalah Himachal Pradesh, kota yang merupakan penghasil apel terbesar dimana wilayah dekat Himalaya ini merupakan daratan subur. India terancam akan mengalami kekurangan pasokan apel.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here