Harga CPO Malaysia Masih Melempem Akibat Lonjakan Produksi

417

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia untuk kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini terpantau mengalami pelemahan yang cukup signifikan (27/4). Harga CPO berjangka kontrak Juli tergerus melemah akibat penurunan harga minyak sayuran lain yang merupakan produk substitusinya.

Secara fundamental kenaikan ekspor CPO Malaysia untuk periode 1 – 20 April masih memberikan dukungan yang positif. Dilaporkan bahwa ekspor pada periode tersebut mengalami peningkatan sebesar 9,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama bulan sebelumnya. Meskipun demikian pekan ini pergerakan harga CPO akan cenderung sideways karena adanya tarik-menarik antara sentiment positif dan negatif.

Akan tetapi data yang menunjukkan bahwa harga produk substitusi melemah memberikan sentiment negative terhadap harga CPO tersebut. Lebih jauh lagi produksi CPO diperkirakan akan menunjukkan kenaikan sebesar 17 persen pada periode 1 – 20 April dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya. Pada bulan Maret lalu output CPO di Malaysia mengalami peningkatan tajam sebesar 33,3 persen menjadi 1,49 juta ton.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here