Harga Karet Tocom Makin Meroket Kencang

796

Harga karet Tocom pada penutupan Senin siang mengalami kenaikan yang luar biasa tajam (27/4). Harga meroket dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Nilai tukar yen Jepang hari ini melemah cukup jauh dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Meskipun demikian pagi ini nilai tukar yen sempat menguat ke level paling tinggi dalam satu minggu belakangan.

Pada perdagangan pagi tadi harga karet alami berjangka Tocom mengalami peningkatan terbatas. Harga komoditas ini agak tertahan akibat nilai tukar yen yang menguat melanjutkan kenaikan untuk tiga sesi berturut-turut. Akan tetapi siang ini yen terpantau melemah dalam sehingga memberikan dorongan kenaikan terhadap harga karet berjangka.

Kenaikan harga karet selain ditopang oleh pelemahan yen juga terjadi akibat data ekspor dari Jepang yang membaik di bulan Maret. Hari Rabu kemarin untuk pertama kalinya dalam jangka waktu tiga tahun terakhir Jepang berhasil mencatat surplus perdagangan pada bulan Maret lalu. Surplus ini terjadi karena ekspor mobil dan elektronik mengalami rebound.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here