Harga Tembaga Kembali Menguat oleh Harapan Stimulus Tiongkok

1261

Prospek stimulus tambahan di Tiongkok telah mengakibatkan harga tembaga dan logam-logam industry lain mengalami peningkatan yang signifikan (27/4). Harga tembaga Comex pada perdagangan elektronik Senin ini melanjutkan peningkatan yang terjadi pada akhir perdagangan pekan lalu. Harga tembaga di akhir perdagangan Sabtu dini hari sempat mengalami kenaikan harian terbesar dalam lebih dari satu bulan belakangan.

Kontraksi yang kembali terjadi pada aktivitas sektor manufaktur Tiongkok di bulan April menurut data HSBC Preliminary Manufacturing PMI justru meningkatkan harapan bahwa pemerintah dan bank sentral Tiongkok akan melakukan kebijakan-kebijakan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Pekan lalu PBOC selaku bank sentral telah mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan giro wajib minimum perbankan.

Di akhir perdagangan pekan lalu subindeks  harga logam industri yang dirilis Bloomberg menunjukkan kenaikan sebesar 2,2 persen. Peningkatan subindeks harga logam industri tersebut merupakan yang terbesar sejak tanggal 20 Maret lalu.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here