Kesepakatan Bersama Yang Di Hasilkan Dalam KTT ASEAN ke 26

638

(Vibizmedia – Nasional) Usai memimpin pertemuan tingkat Internasional Konferensi Asia Afrika di Jakarta dan Bandung, Presiden Joko Widodo kembali melanjutkan kunjungan kerjanya ke negeri Jiran Malaysia Minggu (26/4) pada pukul 14.00 Wib dengan mengunakan pesawat kepresidenan di Halim Perdana Kusuma.

Kali ini Presiden Jokowi hadir untuk pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-26 yang bertemakan “Our People, Our Community, Our Vision”, Selain Presiden Jokowi, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga turut hadir dalam pembukaan KTT ASEAN ke 26. Sebelum pembukaan KTT ASEAN yang menjadi agenda presiden adalah melakukan kerjasama ekonomi dengan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

Pertemuan yang di hadiri oleh 10 Kepala Negara diantaranya Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Indonesia ini akan ditutup di Langkawi ini, selain itu juga menjadi pertemuan bagi menteri luar negeri yang akan membahas percepatan pertumbuhan ekonomi di 3 negara yaitu Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Persoalan ekonomi menjadi persoalan utama dibandingkan dengan masalah keamanan dan politik karena menyangkut stabilitas negara, serta isu regional dan internasional seperti sengketa wilayah Cina Laut Selatan serta masalah imigran.

Pertemuan Tingkat Tinggi ini juga akan membentuk aturan perilaku yang akan berfungsi sebagai mekanisme operasional pencegahan konflik dan pengaturan tata perilaku negara secara efektif dalam memperkokoh kerjasama di bidang Maritim dan konektivitas karena berhubungan secara yuridiksi dan batas-batas wilayah.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

Pic          : Ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here