Kurangnya Pasokan Brasil Mahalkan Harga Kopi Arabika

873

Harga kopi arabika di bursa ICE Futures New York mengalami peningkatan yang cukup mantap di akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu (27/4). Harga komoditas kopi arabika berakhir naik mantap di tengah maraknya permintaan fisik dari Brazil. Kondisi cuaca yang sedang kering di kawasan penanaman kopi di Brazil juga turut menjadi pendukung kenaikan harga komoditas ini.

Pergerakan bullish harga kopi arabika terjadi karena para pelaku pasar berspekulasi bahwa produksi di Brazil akan berada di bawah permintaan global. Saat ini permintaan mulai meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi di Amerika Serikat. Kondisi permintaan terhadap produk kopi robusta dari Indonesia dan Vietnam juga meningkat meskipun hal tersebut belum mampu mengangkat harga kopi robusta pada perdagangan akhir pekan lalu.

Pada akhir perdagangan Rabu dini hari harga kopi arabika tampak menguat dengan cukup signifikan. Harga kopi arabika untuk kontrak pengiriman bulan Juli yang merupakan kontrak paling aktif ditutup menguat sebesar 0,65 sen atau setara dengan 0,46 persen pada posisi 1,4215  dollar per pon.

Read more

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here