Pemerintah Wujudkan Pembangunan Desa Mandiri

477

(Vibizmedia – Nasional) Dalam lima tahun kedepan pemerintah akan berupaya untuk mewujudkan pembangunan desa-desa miskin dan tertinggal menjadi desa mandiri. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menargetkan akan mengurangi minimal lima ribu desa tertinggal sampai dengan 2019.

Kemiskinan memang masalah yang sifatnya laten dan tidak mudah diatasi ungkap Marwan Ja’far Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Target pembangunan desa mandiri diharapkan mencapai 2000 desa, sesuai yang telah diatur dalam UU No. 6 tahun 2014, mengenai desa dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.

Dalam memenuhi target yang telah di tentukan kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Trasnmigrasi yang akan dilakukan adalah akan fokus pada pembangunan di 74.093 desa khususnya pada 39.086 desa tertinggal dan 17.268 desa yang sangat tertinggal dan juga memberikan perhatian pada desa-desa yang berada di daerah perbatasan ada sekitar 1.138 desa

Dalam menjalankan program pembangunan desa maka kementerian Desa telah membuat Peraturan terkait dengan Pedoman Tata Tertib, Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa, Pengembangan Badan Usaha Milik Desa, Kewenangan lokal berskala desa, hak Asal Usul dan Pengunaan Dana Desa tahun 2015.

Selain itu juga diperlukan koordinasi untuk pelaksanaan Undang-Undang Desa meliputi langkah-langkah strategis juga sinkronisasi berbagai regulasi pelaksanaan Undang-undang desa, pendampingan desa dan perlu adanya sosialisasi kementerian terkait dengan pemerintah daerah, kepala desa dan masyarakat.

Pembangunan desa ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah yang menjadi solusi konkret untuk mengurangi kemiskinan dengan cara transmigrasi sebagai tindak lanjut sambutan Presiden Jokowi pada penutupan Konferensi Asia Afrika mengenai tantangan negara di Asia Afrika yang belum bebas dari kemiskinan dan ketertinggalan dari negara-negara maju, tahun 2014 angka kemiskinan di Indonesia mencapai level 10,96% atau 27,7 juta orang. Pemerintah menargetkan tahun 2015 angka kemiskinan turun sebesar 0,6% menjadi 10,3% atau sebesar 26 juta orang.

 

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

Pic          : Ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here