Penyebab Anggaran Investasi AS Dipangkas

839
jack dorsey
jack dorsey

Menyikapi kondisi ekonomi di akhir tahun 2014, terlihat bahwa global ekonomi menunjukkan tanda-tanda pelemahan dengan resiko penurunan yang signifikan. Kemungkinan adanya beberapa risiko tersebut diprediksi masih akan berlanjut di tahun ini. Perekonomian negara-negara maju yang semula diprediksi akan mendapatkan momentumnya di tahun ini justru menunjukkan kondisi sebaliknya.

Rencana pengeluaran investasi bisnis di Amerika Serikat (AS) secara tidak terduga mencatat penurunan di bulan Maret. Turunnya rencana bisnis investasi AS ini disebabkan oleh nilai tukar dolar AS yang menguat dan harga energi yang lebih rendah. Data ekonomi lokal domestik seperti data penjualan ritel, pekerjaan dan perumahan juga menunjukkan momentum pertumbuhan belum cukup kuat untuk membuat bank sentral miliki AS, The Fed menaikkan suku bunganya sampai akhir tahun ini.

Laju pertumbuhan sektor manufaktur di negara ini tertahan karena nilai tukar dolar AS yang menguat terapresiasi sebesar 12,1 persen terhadap mata uang mitra dagang utama AS sejak Juni tahun lalu, sehingga cukup menekan aktivitas ekspor AS dan mengikis keuntungan perusahaan multinasional AS seperti Procter & Gamble Co (PG.N) dimana perusahaan ini melaporkan penurunan net income sebesar 8,3 persen terhadap penjualan kuartalannya.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here