Sentimen Global Tinggikan Bursa Asia Pekan Ketiga April

377

Secara keseluruhan dipergerakan bursa saham Asia pada pekan ketiga bulan April lalu tampak masih melanjutkan tren positif diperdagangan pekan sebelumnya, dengan mencapai pencapaian posisi tertinggi pada beberapa indeks  seperti Nikkei, Shanghai dan Hang Seng. Positifnya data fundamental dalam negeri serta penguatan harga minyak dunia  turut mengangkat pergerakan bursa saham Asia selama pekan ketiga tersebut.

Pergerakan indeks Nikkei selama pekan ketiga bulan April tampak berhasil berbalik menguat dari pelemahan diperdagangan sebelumnya dengan memangkas pelemahan serta kembali mencapai posisi tertinggi dalam lima belas tahun. Data fundamental dalam negeri yang positif serta kembali melemahnya Yen Jepang terhadap dolar AS turut menguatkan bursa saham Tokyo Jepang.

Secara keseluruhan indeks Nikkei selama pekan ketiga tersebut bergerak menguat signifikan sebesar 519.02 poin atau 2.59% yang menjadi 20.020,04 poin dengan mencapai tertinggi pada 20.252,12 poin serta terendah pada 19.474,23 poin dengan merespon pada hasil rilis data laporan neraca perdagangan Jepang yang secara mengejutkan menunjukan peningkatan signifikan dari perkiraan beberapa ekonom serta hasil rilis sebelumnya dengan disertai meningkatnya nilai ekspor serta menurunnya nilai impor Jepang.

Read more

Hendri Timotius/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here