IHP dan Biaya Impor Singapura Semakin Murah, Laju Inflasi Tersendat

1049

Singapura merupakan salah satu negara yang mengutamakan sektor perdagangan dan sangat bergantung pada ekspor dan impor. Ekonomi di Singapura mendapat peringkat sebagai negara yang paling terbuka di dunia, negara dengan angka korupsi sedikit, dan negara yang paling pro bisnis. Selain itu, Singapura juga termasuk salah satu dari Empat Macan Asia. Namun sayang, belakangan pertumbuhan ekonomi negara ini terlihat kerap terhambat.

Pasalnya, Produk Domestik Bruto (PDB) Singapura pada kuartal pertama tahun ini dilaporkan hanya mencatat pertumbuhan sebesar 2,1 persen (yoy) dimana pertumbuhan PDB ini tidak menunjukkan adanya perubahan dari kuartal keempat lalu. Demikian juga dengan laju inflasi bulanannya yang juga dilaporkan masih mencatat kontraksi sebesar 0,3 persen di bulan Maret atau tidak mengalami perubahan dari bulan sebelumnya.

Senada dengan rilis data sebelumnya, pada hari ini (29/4/2015), Indeks Harga Produsen Singapura bulan Maret kembali dilaporkan menurun meski pada kecepatan yang lebih lambat. IHP Singapura dilaporkan turun 8,9 persen (yoy) di bulan Maret, lebih lambat dari penurunan sebesar 11,6 persen yang terjadi di bulan Februari. Sebagai informasi saja, IHP Singapura ini memang telah jatuh sejak Mei tahun 2014 lalu.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here