Kondisi Bisnis di Kawasan Euro Tunjukkan Perbaikan

337

Pada testimoninya beberapa bulan lalu, Mario Draghi membuat pernyataan terkait kondisi pemulihan di Kawasan Euro saat ini dengan istilah “sustained recovery”, atau pemulihan yang berkelanjutan menyiratkan bahwa kondisi ekonomi tengah berjalan sesuai harapan. Pernyataan Draghi ini didasarkan pada data ekonomi lokal yang pada awal tahun ini menunjukkan perbaikan.

Namun harus dipahami bahwa hingga hari ini kondisi yang sedikit kontras kembali terlihat. Pasalnya, anjloknya harga-harga secara global masih cukup besar diakibatkan oleh turunnya harga minyak yang memang belum pulih benar.  Namun, Kawasan Euro justru berhasil meraih hasil inflasi yang lebih baik dari ekspektasi.

Tidak hanya itu, data ketenagakerjaan juga mengalami peningkatan. Tingkat pengangguran Zona Euro tercatat turun dari 11.3% ke 11.2%. Kondisi ini merupakan hasil dari keberhasilan Jerman, Spanyol, Italia, dan Prancis yang mencatat rekor gemilang di sektor ini. Selain itu  angka penjualan retail di kawasan ini juga tercatat perlahan mencatat kenaikan. Kondisi ini menandakan bahwa gairah konsumsi di Kawasan Euro masih cukup tinggi meski kawasan Euro area kini tengah didera deflasi.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here