Konsumen di Amerika Mulai Pesimis Dengan Prospek Ekonominya

852

Setelah pada bulan sebelumnya, indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS) berhasil dilaporkan mencetak rebound yang cukup signifikan, ternyata pada bulan April kondisi yang sebaliknya terjadi. Indeks kepercayaan konsumen AS bulan April tadi malam (28/4/2015) secara tidak terduga justu dilaporkan alami penurunan tajam.

The Conference Board mengumumkan bahwa indeks kepercayaan konsumen AS bulan April jatuh ke 95,2 dari skor 101,4 yang berhasil diraih pada bulan sebelumnya. Sontak, rilis ini cukup mengagetkan pasar karena tiba-tiba saja berada di fase kontraksi padahal sebelumnya para ekonom berharap indeks ini justru dapat naik ke skor 102,5. Hal ini tentu memperkuat dugaan bahwa perekonomian AS memang telah kehilangan momentum pemulihannya.

Retreat yang terjadi pada bulan April ini masih dipicu oleh kekhawatiran pasar tentang prospek ekonomi jangka pendek, terutama data PDB Q1 2015 yang akan rilis pekan ini dan juga oleh lemahnya pertumbuhan ekonomi global secara umum. Sementara itu, untuk indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga turun memasuki bulan ketiganya berturut-turut, ke 106,8 di bulan April dari 109,5 pada bulan Maret.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here