Ekonomi Sedang Pulih, Pengangguran di Jerman Semakin Berkurang

845

Para pelaku pasar cukup optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman dapat menyentuh 2 persen pada tahun fiskal 2015 ini. Optimisme ini muncul karena harga minyak yang murah, kuatnya konsumsi swasta, dan nilai tukar euro yang lemah. Hingga hari ini negara-negara di Eropa memang masih diuntungkan oleh stimulus suku bunga rendah, tetapi dalam jangka panjang reformasi struktural diperlukan. Jerman pun mulai menunjukkan momentumnya belakangan ini.

Kantor Destatis Jerman hari ini (30/4/2015) melaporkan bahwa tingkat pengangguran Jerman bulan Maret tidak mengalami perubahan dari bulan sebelumnya, bulan Februari. Tingkat pengangguran negara dengan ekonomi terkuat di kawasan euro periode Maret dilaporkan masih stabil pada angka 4,7 persen.

Jumlah pengangguran di negara ini turun menjadi 1,97 juta pada bulan Maret dari 1,99 juta yang tercatat di bulan  sebelumnya. Sedangkan jika dilihat pada basis tahunan, penurunan jumlah orang yang menganggur di negara ini cukup tajam pada Maret lalu dimana pada Maret tahun lalu jumlah pengangguran tercatat sebanyak 2,11 juta. Sementara itu, tingkat pengangguran di kalangan pemuda atau yang berusia di bawah 25, tetap stabil pada 7,2 persen pada Maret lalu.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here