Groundbreaking Tol Trans Sumatra Langkah Percepatan Pembangunan Infrastruktur

661

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono dan Menteri BUMN Rini Soemarno dan pejabat setempat Gubernur Lampung M Rido Ficardo serta para bupati se Provinsi Lampung, hari ini Kamis (30/4) melakukan kunjungan kerja ke Sabahbalau, Lampung Selatan dalam rangka groundbreaking pembangunan tol trans Sumatra,

Proyek pembangunan jalan tol bebas hambatan yang akan menghubungkan Bakauheni sampai ke Banda Aceh ini, total investasinya mencapai Rp 360 triliun dengan proyek sepanjang 2.818 kilometer.

Pemerintah harapkan pembangunan jalan tol dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, peningkatan lapangan kerja, kemudahan akses dan mengurangi biaya transportasi. Proyek tol trans Sumatra di Lampung dibangun dalam tiga tahap, tahap pertama dimulai dari Bakauheni – Natar sepanjang 104,7 kilometer. Tahap kedua dari Babatan – Terbanggi sepanjang 59,202 kilometer dan tahap ketiga dari Tegineneng-Terbanggi Besar sepanjang 34,135 km.

Presiden Jokowi sampaikan bahwa dirinya akan ikut memonitor pembangunan tersebut dan ditargetkan dalam tiga tahun kedepan proyek tol trans Sumatra di Lampung akan selesai agar dapat kembali diteruskan untuk membangun jalur kereta api untuk kereta cepat dan biasa juga pembangunan listrik transmisi tegangan tinggi.

Proyek yang di garap oleh Hutama Karya ini secara keseluruhan pembangunannya dibagi menjadi empat koridor utama : Bandar Lampung – Palembang sepanjang 358 km, Palembang – Pekanbaru sepanjang 610 km, Pekanbaru – Medan sepanjang 548 km dan Medan-Banda Aceh sepanjang 460 km. Tiga koridor prioritas mulai dari Palembang – Bengkulu sepanjang 303 km, Pekanbaru – Padang sepanjang 242 km dan Medan – Sibolga sepanjang 175 km.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela
Pic          : Setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here