Harga Minyak Naik Tajam Didukung Penurunan Pasokan AS

775

Di penutupan perdagangan Kamis dini hari tadi harga minyak mentah jenis WTI dan Brent mengalami kenaikan mantap (30/4). Harga minyak mentah di bursa komoditas AS mencapai level penutupan paling tinggi sejak tanggal 11 Desember setelah data pemerintah menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya dalam lima bulan terjadi penarikan stok minyak mentah.

Administrasi Informasi Energi dari Departemen Energi Amerika Serikat melaporkan bahwa pasokan minyak mentah mengalami kenaikan yang lebih kecil dari ekspektasi minggu lalu. Kondisi ini menimbulkan dukungan sentiment positif yang kuat di pasar minyak mentah. Meskipun pasar mengakui bahwa mereka cenderung mengabaikan elemen yang berpotensi untuk melemahkan harga minyak seperti tingkat produksi yang masih tinggi.

Pasokan minyak mentah pekan lalu mencapai rekor tertinggi untuk 16 minggu berturut-turut. Akan tetapi kenaikan pasokan sebesar 1,9 juta barel jauh lebih kecil dibandingkan ekspektasi kenaikan pasokan sebesar 4,2 juta barel yang sebelumnya dikeluarkan oleh American Petroleum Institute. Sementara itu pasokan di Cushing, titik pengiriman untuk kontrak minyak berjangka Amerika Serikat, mengalami penurunan 514 ribu barel yang merupakan penurunan pertama sejak bulan November lalu.

Read more 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here